Gener.aktor #1: Retha Dungga

Ini dia Gener.aktor kita yang fokus dengan isu anti-korupsi. Kenalan lebih jauh yuk mari!!!

Retha Dungga
ishtar.bumi@gmail.com
@rdungga / @clubSPEAK
www.rdungga.tumblr.com


Retha itu…

Keras kepala, impulsif, senang struktur bebas, very visual person (kalo mikir musti ada trigger visualnya), doyan banget sama ice-blended green tea latte bikinan 21, passionate, amourouse, recovering perfectionist.
Dulunya produser kreatif radio, sekarang lagi giat-giatnya ngembangkan komunitas kreatif anak muda sambil terus ngedorong anak muda di mana aja supaya bisa menemukan passionnya dan memakai passion itu untuk jadi pembawa perubahan.


Inisiatif Retha

clubSPEAK

http://club-SPEAK.tumblr.com

http://speakfest.ti.or.id


ClubSPEAK itu…

Tempat anak muda pada ngumpul bikin kegiatan-kegiatan kreatif untuk ngedorong gaya hidup lebih jujur, di rumah, sekolah, kampus, tempat kerja. Kegiatannya macem-macem, mulai dari bikin diskusi bulanan, workshop kreatif, workshop video, sampai konser musik SpeakFest. clubSPEAK juga banyak bantu komunitas anak muda lain lebih yakin dengan visi kegiatan-kegiatannya sehingga perubahan dilakukan oleh anak muda dari berbagai lini, lintas isu. Mimpi besarnya, akan lahir generasi baru yang punya daya tawar dan generasi itu ngerombak Indonesia dengan layanan publik yang lebih baik, lebih ramah, lebih akuntabel, lebih partisipatif.


Kata Retha: 

GenerAksi itu…
Generasi yang berlaku, bertindak, ngerespon kondisi sosial sekitar dengan caranya sendiri-sendiri tapi punya tujuan sama, bikin Indonesia jadi lebih baik.

Kondisi Jakarta (Jabodetabek) dalam 10 tahun ke depan…
Jalanan udah ngga macet lagi, nggak takut banjir, orang lebih sadar naik kendaraan umum dan jalan kaki jauh lebih nyaman. Karena Gedung DPR ada yang ngebom, udah dirombak jadi lebih terbuka, ramah sama rakyatnya. Masyarakat lebih cerdas, lebih aware sama peraturan, karena dibuat secara partisipatif. Ada ruang-ruang konsultasi layanan publik. Ada ruang publik tempat kita bisa ngelukis, main skate, deklamasi puisi, ngobrol tenang, ajak anjing jalan-jalan. Toilet publik bersih, kering, enak dipakai. Museum dan sekolahan jadi lebih keren, interaktif. Pusat-pusat bersejarah Jakarta dijaga baik sama masyarakat. Karena masyarakat ngeh sama sejarah, orang Jakarta jadi lebih pede dengan identitasnya, banyak yang jadi intelektual liberal tapi membumi. Yang kaya karena korup ditangkap lalu hartanya dikelola badan independen untuk ngembangin sistem birokrasi yang lebih efisien. Gara-gara birokrasi efisien & bagus, dan demokrasi Indonesia jadi yang paling maju di Asia Tenggara, mendadak Indonesia jadi sentral bisnis dengan penegakan hukum paling sigap cepat tanggap. Btw, seragam polisinya udah ganti jauh lebih berwibawa. Program rehabilitasi napinya humanis, balik-balik ke masyarakat si napi jadi pengabdi masyarakat.

Jika aku adalah seorang Tifatul Sembiring, situs apa yang ingin  diblokir secara publik, tapi bisa diakses secara pribadi…
Baliho isi muka-muka politikus. Gue bisa akses pribadi untuk tau apa aja sih program yang mereka tawarin. Muka mereka nggak perlu ngerusak pemandangan publi Kalau website saya ingin bisa browsing redtube.com lagi :))

Kalau aku hanya memiliki satu kaos dalam hidup, aku akan sablon kaosnya dengan kalimat ini…
Berenang yuk.
 
Kenapa Krisdayanti memilih Raul Lemos, dan Anang memilih Ashanti dibanding Syahrini?
Not my concern.

Retha ingin ngobrol dengan 5 tokoh (yang sudah wafat) berikut: 

Eyang FX Soetrisno, gue pengen tanya apa yang bikin dia tetap mengabdi sama militer Orde Baru meskipun udah masuk deathlist jaman 60an.

Mantan Gubernur Ali Sadikin, gue pengen tau visinya tentang Jakarta dan ngeliat kondisi sekarang langkah apa aja yang akan dia ambil.

Jim Morisson, pengen tau kalo dia bisa bikin puisi yang tone-nya positif buat dunia saat ini seperti apa.

Jim Henson, mau ngajak bikin project musikal tentang kejujuran, tapi khas Muppet Show jaman dulu, cerdas nakal jail. 

Ulrike Meinhof, pengen ngobrol apa visi pribadinya untuk majalah konkret dan ngeliat kondisi dunia sekarang, apa kira-kira pengen bikin RAF lagi.